Pemandangan Umum Fraksi PKS Terhadap Raperda APBD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019

PKSGunungkidul.org -
PEMANDANGAN UMUM

FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

DPRD KABUPATEN GUNUNGKIDUL

TERHADAP


RANCANGAN PERATURAN DAERAH

TENTANG
ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN ANGGARAN 2019












Disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Gunungkidul, Senin  5  November 2018

Assalaamu ‘alaikum Wr.Wb.
Ykh. Saudara Ketua Rapat dan Pimpinan DPRD
Ykh. Sdr. Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul
Ykh. FORKOMPIMDA dan Ketua Pengadilan Negeri Wonosari.
 Ykh. Rekan–rekan Anggota DPRD Gunungkidul
Ykh. Sdr. Sekretaris Daerah beserta para Kepala Dinas dan segenap jajaran eksekutif
Ykh. Para Camat, rekan pers, tamu undangan dan seluruh hadirin yang berbahagia
Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Semesta Alam. Berkat limpahan karuniaNya pada hari ini  kita diperkenankan  hadir di tempat ini dalam keadaan selamat sehat wal afiat. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada teladan dan junjungan umat Nabiyullah Muhammad SAW, beserta keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang bersungguh–sungguh mengikuti ajarannya. Amin.
Dalam kesempatan yang baik ini perkenankan kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Saudara  Ketua Rapat yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk menyampaikan Pemandangan Umum Fraksi PKS DPRD Kabupaten Gunungkidul terhadap  Raperda  ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN ANGGARAN  2019.
Ucapan terima kasih kami sampaikan pula kepada Saudari  Bupati yang telah  menyampaikan Nota Pengantar  Raperda tersebut beberapa waktu yang lalu,  
Saudara . Ketua Rapat , Saudari . Bupati dan hadirin yang berbahagia.
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mempunyai peran yang sangat strategis untuk mendukung aktivitas Pemerintah Kabupaten  Gunungkidul dalam menjalankan fungsinya baik untuk menunjang pelayanan publik, implementasi berbagai macam regulasi, meningkatkan pembangunan di berbagai sektor dan untuk pemberdayaan masyarakat.
APBD juga merupakan instrumen teknis dari idealisme pembangunan yang ingin  diwujudkan oleh Kabupaten  Gunungkidul yang muaranya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Oleh karenanya dalam penyusunan dan pembahasannya harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip efisiensi, efektifitas, ekonomis, dan tepat sasaran. Yang lebih penting lagi bahwa APBD harus mencerminkan respon pemerintah terhadap kebutuhan-kebutuhan prioritas masyarakat dan punya kapasitas untuk menyelesaikan sebagian besar problem masyarakat.
Hadirin yang berbahagia
Pembahasan APBD 2019 kali ini  sedikit berbeda dengan pembahasan tahun sebelumnya , karena tahun ini  adalah tahun terakhir pembahasan APBD bagi anggota DPRD periode 2014 -2019.
Bersamaan  hampir seluruh anggota DPRD sedang berjuang menarik simpati dan dukungan masyarakat melalui berbagai upaya diantaranya dengan “adol bagus“ lewat program Kegiatan yang ada di APBD. Secara normatif tidak ada masalah dengan hal tersebut sepanjang memenuhi aspek pemenuhan regulasi, perencanaan yang baik dan berpegang pada prinsip  keadilan.
Ditolaknya APBD Perubahan 2018 oleh Pemerintah  DIY karena penetapan yang terlambat menjadi pelajaran yang sangat mahal bagi pemerintahan Kabupaten  Gunungkidul, akibatnya program kegiatan yang harusnya bisa dilaksanakan di akhir tahun ini terpaksa di tunda tahun depan .  FPKS berharap agar kita semua   bisa  lebih memahami aspek regulasi secara lebih rinci dan lebih bijak dalam menentukan skala prioritas.
Hadirin yang berbahagia
Setelah kami mencermati draft Raperda dan mengikuti sesi rapat –rapat kerja komisi perkenankan kami menyampaikan tanggapan berupa pertanyaan dan saran sebagai berikut :
PENDAPATAN
1.      Mohon dikaji kembali rencana Pendapatan yang bersumber dari Pendapatn Asli Daerah  terutama dari pos pajak dan retribusi ,seberapa  besar potensinya untuk dinaikkan dari yang di rencanakan di Draft RAPBD .  
2.      Mohon informasi terakhir pendapatan dari Dana Alokasi khusus untuk Pendidikan, Kesehatan , PU dan OPD lain yang mendapatkan alokasi DAK.
3.      Mohon penjelasan Dana Keistimewaan yang anggarannya di masukkan dalam struktur APBD.
4.      Pendapatan retribusi penjualan produksi daerah di DKP dari pabrik es tidak sebanding dengan belanja operasionalnya (listrik pabrik es, insentif penjualan, penyusutan dan lain-lainnya). Bagaimana upaya yang bisa dilakukan agar retribusi jasa usaha tersebut mendapatkan keuntungan? Mohon jawaban.

BELANJA
Dinas Pendidikan dan Olah Raga
1.      Dalam rancangan SK Bupati tentang Guru Pengganti, direncanakan  akan ditetapkan sebanyak 776 guru pengganti untuk  SD dan 58 guru pengganti untuk  SMP  yang  akan mengisi formasi yang kosong akibat guru ASN pensiun. Terkait akan terbitnya SK tersebut Fraksi PKS memberikan apresiasi kepada Saudari  Bupati dan menyambut baik rencana ini dan meminta agar SK segera di terbitkan untuk memberikan kepastian.  Selanjutnya dalam draft APBD 2019  di rencanakan honor yang akan di berikan kepada guru pengganti  sebesar Rp. 600.000,00/bulan. Terhadap rencana besaran honor yang akan di berikan kepada guru pengganti tersebut, FPKS memandang   masih terlalu rendah dibanding dengan beban, tanggung jawab dan kontribusi mereka dalam mendidik  putra putri Gunungkidul. Fraksi PKS mengusulkan agar honor yang mereka terima minimal sesuai dengan UMR sekitar 1,5 juta. Mohon tanggapan.
2.      Sebanyak 1431 GTY/PTY selama ini telah  mendapatkan insentif Rp.200.000,00 Fraksi PKS mengusulkan untuk mempertimbangkan kenaikan insentif bagi GTY dan PTY, menjadi  Rp. 500.000,00. Mohon tanggapan.
3.      Persatuan Wiyata Bakti Madrasah (PWBM) beberapa waktu lalu melakukan Audiensi dengan komisi  D, jumlah anggota yang hanya mendapatkan honor murni dari sekolah 692, mereka mengharapkan ada perhatian dari Pemerintah Daerah dalam bentuk insentif, sebagaimana yang mereka terima pada tahun 2007.  Mohon tanggapan dari aspek regulasi maupun kemampuan keuangan daerah. Mohon tanggapan.
4.      Dana Alokasi Khusus (DAK) belum ada  alokasi dan rencana pengalokasiannya  dalam Draft RAPBD 2019. Apa sebabnya dan berapa perkiraan besaran DAK di APBD 2019? Mohon tanggapan.
5.      Fraksi PKS mengusulkan hibah 2 unit RKB bagi  SD IT Tunas Mulia, ledoksari, kepek wonosari; 1 Ruang Kelas Baru (RKB)  SD IT Permata Bangsa; 1 Ruang Kelas Baru (RKB) SMPIT Darrul Maghfiroh, Nglipar; 1 paket pengadaan alat edukasi  TK IT Bina Insani; seperangkat gamelan untuk SD Hargosari Tanjungsari. Mohon tanggapan .
6.      Dana BOP untuk PAUD dan rincian alokasinya belum masuk di struktur APBD 2019. Mohon tanggapan dan mohon rincian BOP Paud Fraksi PKS di berikan draftnya.
Dinas perpustakaan dan Arsip
1.      Berdasarkan informasi dari kepala OPD Perpus dan arsip yang di sampaikan pada rapat kerja pembahasan APBD 2019 yang lalu, bahwa gedung perpustakaan  yang ada sekarang dinilai  kurang representatif, dan terbatas lahan parkirnya, sementara ada peluang dana dari Perpusnas untuk pembangunan gedung dengan dana yang cukup besar. Hanya saja untuk meraih dana tersebut disyaratkan DED, nilainya sekitar 50 sampe 100 jt. Mohon tanggapan.
Dinas Kesehatan
1.      RS  Saptosari merupakan  RS  type D yang pembangunannya telah berjalan hampir tiga  tahun. Bagaimana rencana pengoperasiannya dan bagaimana kesiapan SDM dan alatnya di tahun 2019. Mohon tanggapan.
2.      Selanjutnya tahun  2019  mulai di rintis RS type D di dua lokasi yaitu Patuk dan Bedoyo. Apakah sudah saatnya RS di  dua lokasi tersebut di mulai tahap persiapan pembangunan, sementara RS  Saptosari belum rampung pembangunan ataupun persiapan SDMnya . Mohon tanggapan.
3.      DAK di Dinas Kesehatan kegiatannya  belum di rencanakan dalam draft APBD 2019.  Mohon tanggapan
RSUD
1.      Bagimana rencana RSUD meningkatkan pelayanan di tahun 2019. Adakah tambahan layanan,  alat baru dan terutama peningkatan kecepatan seberan layanan, dan meminimalkan keluhan. DAK tahun 2019  berapa yang akan di peroleh, karena sampai rapat terakhir belum ada angka fix , dan dana dari Pemda DIY kenapa tidak mendapatkan. Mohon tanggapan.  
Dinas Sosial
1.      Dinas sosial merencanakan program Pembinaan Kelembagaan Rehabilitasi Sosial dan pengelolaan panti sosial dengan obyek 6 lembaga, 18 panti dan 60 karang taruna, dengan anggaran 1.2 M rupiah. Terkait dengan hibah untuk karang taruna Fraksi PKS meminta data 60 lokasi yang diusulkan dan sekaligus  mengusulkan agar  di tambah 44 titik lagi sehingga seluruh karang taruna desa tahun ini mendapatkan alokasi . Mohon tanggapan
2.      Bagaimana persiapan program UHC 2019, adakah kendala dari aspek teknis maupun anggarannya? selanjutnya untuk merespon warga yang tercecer apa program yang di rencanakan? Mohon Penjelasan.
3.      Terkait dengan Bapel Jamkes yang di kelola Pemda  DIY . Bagaimana rencana dinas untuk meningkatkan pelayanan agar bisa online? Sehingga warga yang mengakses tak perlu bolak balik ke jogja . Mohon tanggapan.
Dinas kebudayaan
1.      Terkait Danais yang akan masuk di struktur APBD . Apa rencana kegiatannya telah di siapkan dengan baik ? Mohon tanggapan.
2.      Dinas kebudayaan merencanakan pentas seni pedalangan di 18 titik, FPKS mengusulkan agar kegiatan tersebut ditambah titik pelaksanaanya paling tidak seperti tahun 2018 yaitu 28 titik. Mohon tanggapan.
Dinas tenaga kerja
1.      Di  BLK  salah satu gedungnya di pakai untuk menampung kotak suara pemilu 2014, hal ini menunjukan belum di optimalkannya gedung tersebut untuk melayani masyarakat di bidang ini. Apa rencana OPD ini, terkait dengan gedung tersebut? Mohon tanggapan
2.      Direncanakan kegiatan kerjasama pendidikan pelatihan dan penempatan tenaga kerja  dalam bentuk pelatihan untuk program 3 in 1 di LPK bagi 96 orang dan 23  peserta pendidikan security. Fraksi PKS memandang kegiatan ini relatif efektif dalam rangka mengurangi angka pengangguran dan mengusulkan agar pesertanya ditambah, khususnya pelatihan security menjadi 30 orang. Mohon tanggapan 

Dinas Pekerjaan Umum PRKP
1.      Untuk menjaga kualitas ruas jalan kabupaten di lingkungan kantor kecamatan Nglipar, mohon agar ditata ulang saluran drainase yang sudah ada. Kondisi yang terjadi selama ini, drainase tidak berfungsi dengan maksimal, sehingga saat hujan turun, air mengalir lewat jalan kabupaten dan menyebabkan lapisan aspal banyak yang tergerus. Mohon tanggapan
2.      Dalam satu tahun, dinas PUPRKP hanya mengunggah 3 berita dalam portal daringnya. Untuk lebih memudahkan kerja pengawasan dan tanggungjawab keterbukaan informasi publik, mohon untuk bisa lebih ditingkatkan lagi di tahun 2019 minimal  5 kali dalam sepekan.
3.      Mohon ruas jalan Gesing–Jimatan (0706) untuk bisa segera direhab. Mohon tanggapan.
Dinas Lingkungan Hidup
1.      Update status di portal milih DLH terakhir adalah bulan mei 2018. Hal ini bertolak belakang dengan kampanye gerakan adipura yang sedang dicita-citakan oleh warga Gunungkidul. Mohon agar kedepannya lebih ditingkatkan. Mohon tanggapan
2.      Untuk menambah asri lingkungan hidup. Mohon agar di sekitar kawasan kecamatan Nglipar dibuat taman. Mohon tanggapan
3.      Gerakan Bank Sampah berdampak positif bagi kondisi lingkungan dan ekonomi warga. Mohon agar bisa lebih digalakan kepesertaan dari masyarakat. Mohon tanggapan
Dinas Perhubungan
1.      Mohon agar Dinas Perhubungan aktif melakukan kegiatan kampanye tertib lalu lintas terutama untuk kendaraan bak terbuka yang banyak digunakan oleh petani mencari rumput di luar Kabupaten Gunungkidul untuk mencari rumput saat kemarau. Agar bisa dicegah kecelakaan fatal sebagaimana yang pernah terjadi beberapa waktu lalu. Mohon tanggapan.
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
1.    Mohon penjelesan terkait dengan pengadaan ATK untuk keperluan cetak KTP, Apakah anggaran yang ada sudah bisa memastikan terkait dengan kebutuhan masyarakat terkait dengan administrasi kependudukan. Mohon tanggapan.
2.    Mohon untuk dimunculkan program bagi bayi baru lahir agar bisa langsung mendapatkan akte kelahiran, sehingga tidak ada lagi keterlambatan dalam pengurusan akte kelahiran. Mohon tanggapan
Dinas  Komunikasi dan Informatika
1.    Sudah saatnya Gunungkidul memiliki pelayanan berbasis IT kepada masyarakat, mengingat begitu luasnya wilayah gunungkidul. Dengan terpenuhinya pelayanan masyarakat berbasis IT, tentunya akan lebih efisien dibandingkan dengan pelayanan manual. Disamping itu juga untuk menunjang majunya dunia pariwisata,kita akui bahwa berkembangnya dunia pariwisata akibat dampak dari IT. Selama ini pelayanan berbasis internet sudah dimiliki oleh masing masing Dinas,akan tetapi belum terintegrasi. Untuk itu kami mengusulkan adanya penambahan anggaran untuk kebutuhan pemenuhan inftastruktur di kominfo antara lain pusat data server, dan penambahan jaringan sampai ke desa-desa. Sementara kebutuhan saat ini sekitar 16,5 M sedangkan di platform anggaran hanya 6,5 M. Mohon tanggapan.

Satuan Polisi  Pamong  Praja
1.        Peran Satuan Polisi Pamong Praja di tahun 2019 sangat menentukan keberhasilan Pemilu dan Pilpres , terutama terkait dengan keamanan dan ketertiban saat pelaksanaan pemilu dan Pilpres, dan juga sarana prasarana pengadaan pakaian linmas, juga anggaran untuk pengamanan pemilu dan  PAM Satlinmas pemilu yang sampai saat ini belum masuk dalam Rancangan APBD Tahun 2019.Fraksi PKS berharap agar ke tiga hal di atas di anggarkan . Mohon tanggapan.
Badan Kesatuan Bangsa dan  Politik
1.        Mengusulkan tambahan anggaran untuk pendidikan politik
BKKD
1.        Mengusulkan penambahan anggaran untuk pengadaan pakaian dinas, mengingat pengadaan terakhir di tahun 2016. Mohon tanggapan!
2.        Dengan adanya penerimaan CPNS maka tentunya juga diperlukan anggaran diklat prajab,untuk itu mengusulkan adanya tambahan anggaran untuk kegiatan tersebut. Mohon tanggapan!
Inspektorat
1.        Mengusulkan tambahan anggaran untuk biaya pemeriksaan khusus. Mohon tanggapan!
2.        Mengusulkan adanya penambahan tenaga auditor sekaligus penambahan tunjangan bagi auditor. Mohon tanggapan.


Pertanahan
1.        Mengusulkan untuk untuk segera adanya penertiban kawasan sempadan pantai selatan,mengingat adanya bencana gelombang pasang  yang sewaktu waktu bisa terjadi. Mohon tanggapan
2.        Mengusulkan adanya penambahan personil yang mempunyai keahlian di bidang pengukuran tanah, mengingat geografis Gunungkidul yang begitu luas dan medan yag sulit. Mohon tanggapan.
Dinas  Penanaman  Modal dan  Pelayanan  Terpadu
1.        Mengusulkan penambahan tenaga survey dalam proses perijinan,sehingga proses perijinan bisa berjalan cepat. Mohon tanggapan
Lain-lain
1.      Berkaitan dengan dibatalkannya beberapa program dan kegiatan OPD dan penyertaan modal ke BDG di APBD Perubahan 2018 oleh evaluasi gubernur, bagaimana kelanjutannya tersebut di APBD 2019. Mohon penjelasan. 
2.      Pada Lampiran VII Daftar Piutang Daftar Piutang Daerah mengapa tidak ada perkiraan pengurangan piutang di tahun 2019? Mohon penjelasan.
3.      Demikian pula pada Lampiran IX dan X mengapa tidak ada perkiraan penambahan dan pengurangan aset tetap dan aset lain-lain. Mohon penjelasan.
Saudara  ketua rapat dan hadirin yang berbahagia,
Demikian pemandangan umum dari FPKS kami sampaikan, mohon diberikan jawaban dan penjelasan yang memadai. Apabila ada hal-hal yang belum tersampaikan dalam pemandangan umum ini, akan kami sampaikan dalam sesi rapat gabungan di waktu yang akan datang. 
Wassalaamu’alaikum, Wr. Wb.
Wonosari, 5 November 2019
Pimpinan Fraksi PKS
DPRD Gunungkidul



Ir. Imam Taufik
Ketua


                       
              Tri Iwan Isbumaryani, SP.
Sekretaris