Fahri Hamzah & Roy Suryo di Acara Mata Najwa



PKSGunungkidul.com -
  •    





  • 1.Di media sosial spin doctor gentayangan, mendongkrak pesan dan kesan #MN


  • 2.Mereka tukang cuci citra berbayar, via propaganda dan rekayasa yang disepakati #MN

 
3.Pesannya bisa kampanye hitam lawan, atau membesarkan seorang kawan #MN
4.Isinya percampuran fakta dan dusta, tujuan menghalalkan setiap caranya #MN
5.Kliennya para politisi bermasalah, tokoh tua muda atau peserta pilkada #MN
 
6.Mereka menyebarkan tabu politik, sebagai jualan untuk diketahui publik #MN
7.    Telah hadir seorang agen propaganda/ spindoctor. Demi melindungi kerahasiaannya kami samarkan identitasnya.
8.    “Tugas spin doctor adalah membuat program atau isu itu tetap naik dan membuat suhunya tetap terjaga” Mr X #MN
 
9.    “..Sehingga publik akan melihat satu situasi yang benar dan sesuai dengan faktanya” Mr X #MN
10. “Memastikan agar isu itu sesuai yg dipesan dg dua cara. Cara terbuka dg diskusi publik, pressure massa n sejenisnya” Mr X #MN
11. “Kedua, strategi tertutup, memanfaatkan ruang yg memang itu nggak dimanfaatkan oleh orang lain, misalnya black campaign” Mr X #MN
 
12. “Contoh kasus BLBI tahun 2006. Isu ini awalnya tidak naik,kita dorong lebih kuat lagi, agar orang lihat ada memori yg blm selesai” Mr X #MN
13. “Caranya dg dialog publik,diskusi terbuka,seminar nasional, kita minta delegasi tokoh utk menyuarakan itu.” Mr X #MN
14. “Sampai akhirnya melakukan pressure massa. Utk mengingatkan tuntutan ini bukan main-main” Mr X #MN
 
15. “Kita pernah melakukan penjagaan isu, jangan sampai isu ini terbuka di publik.” Mr X #MN
 
16. “Kita melakukan monitoring dari media, monitoring aktornya siapa, supaya isu atau orang ini tidak terekspos di media.” Mr X #MN
 
17. “Latar belakang spin doctor beragam. Ada di media, ada dari kelompok pergerakan” Mr X #MN
18. “Mendekati 2014, orderan rata2 soal politik, terutama mapping politik. Dari sisi eksekutif, legislatif, sampai yudikatifnya” Mr X #MN
19. “Sekali penggarapan isu, ada yang 3 bulan selesai, ada yang 6 bulan, tergantung kasusnya. Bisa hampir setahun” Mr X #MN
20. “Rata-rata biaya operasional proyek Rp 100-an juta. Proyek termahal Rp 500 juta” Mr X #MN
21. Hadir di studio relawan kampanye socmed Jokowi, @ajianto dan Konsultan Media Aher, Hersubeno Arief.
22. “Kita membentuk tim yg bertugas membentuk citra positif utk Pak Jokowi dan Ahok.” @ajianto #MN
23. “Seandainya ada yg menyerang/black campaign, kita mengalihkan isu atau membuat isu baru yg lebih positif.” @ajianto #MN
24. “Kalau diserang, menit itu jg kita koordinasi dg jaringan utk mem-bully rame2 org yg melakukan black campaign itu” @ajianto #MN
 
25. “Ada satu org di dalam tim yg menulis tagline. Ada yg menulis ttg kegiatan Jokowi yg positif, ada yg tugasnya me-retweet, ” @ajianto #MN
26. “Kami menangani conventional media dan new media.” Hersubeno Arief #MN
 “Org Indonesia menganggap yg ada di twitter dan fb rumor. Yg di media konvensional mjd pembenaran” Hersubeno Arief #MN
27. “Bully merupakan strategi utk akun tertentu yg melakukan black campaign thd Jokowi– Ahok.” @ajianto #MN
28. “Pd detik yg sama, kita berkoordinasi utk menyerang akun sehingga akun tsb tidak sempat membalas satu persatu” @ajianto #MN
29. “Menjelang Pilkada, banyak akun anonim muncul.” Hersubeno Arief #MN
30. “Bullying dan black campaign byk dilakukan oleh akun anonim. Kalau akun ini sgt eksis,kita report as spam” Hersubeno Arief #MN
31. Telah hadir di studio praktisi social media dan pendiri Virtual Consulting, @nukman.
32. “Karakteristik spin doctor, apalagi yg berbayar, sangat kelihatan. Ia me-mantain isu, ikut heboh, besoknya pasti hilang” @nukman #MN
33. “Kita bisa lihat kalau ada isu yg seharusnya mati satu-dua hari, tp tetap hidup, pasti ada sesuatu di belakangnya” @nukman #MN
34. “Pola spin doctor itu berulang.” @nukman #MN
35. “Di socmed, yg namanya spin doctor itu diredam sendiri oleh publik. Publik akhirnya tau si A ini tukang membuat isu” @nukman #MN
36. “Ada akun yg followernya byk, isunya heboh, tp org belum tentu percaya. Org follow hanya utk dpt info terbaru” @nukman #MN
37. “Muncul profesi baru, yg tawarkan jasa provokasi. Mereka muncul bukan sebagai pribadi2, tp memiliki akun banyak.” @nukman #MN
38. “Spin doctor jadi lebih hebat ketika yg bermain adalah parpol yg sering bertempur” @nukman #MN
39. “Bahkan ada partai yg sdg bertengkar internal, punya spin doctor masing2. Akhirnya mereka saling serang utk pengaruhi publik” @nukman #MN
40. “Jumlah spin doctor banyak, dgn akun yg aneh2, dan mereka cepat dpt follower” @nukman #MN
41. “Ada jg tokoh yg digempur dgn isu negatif, kemudian diperas, ditawarkan utk memperbaiki citra” @nukman #MN
42. “Ada yg dtg dgn profesional utk membantu, membicarakan sisi positif dan negatifnya” @nukman #MN
43. Telah hadir di studio Mata Najwa politikus Partai Demokrat, @KRMTRoySuryo dan politikus PKS, @Fahrihamzah .
 
44. “Saya menggunakan twitter utk statement yg hrs sy sampaikan atau umumkan, terutama sejak mjd menteri” @KRMTRoySuryo #MN
45. “Banyak follower blm tentu banyak yang menyenangi. Tdk masalah, jadi autokritik bagi kita.” @KRMTRoySuryo #MN
46. “Ketika ditetapkan mjd menpora, luar biasa yg membully dan merendahkan saya” @KRMTRoySuryo #MN
47. “Kata orang tweet sy provokatif. Tweet saya tdk main2 krn itu direkam. Kita hrs konsisten dan real” @Fahrihamzah #MN
48. “Ada yg menyerang dg keras tp tujuannya baik, sy ikuti pendptnya.Ada jg yg saya blocked, Itu kan fasilitas di twitter” @KRMTRoySuryo #MN
49. “Saya tdk mem-block. Sy senang mendengarnya. Kotoran yg dilemparkan ke muka kita, bs kita anggap pupk” @Fahrihamzah #MN
50. “Saya tdk menge-block akun @BennyIsrael dan @TrioMacan2000 . Meski keras, ada keseriusan yg saya lihat” @KRMTRoySuryo #MN
51. “Biasanya provokator itu terlihat konsistensinya. Ada akun yg tdk dikenal tp bisa merilis data2 yg bs dikonfirmasi” @Fahrihamzah #MN
52. “Bisa jd itu semacam operasi intelijen atau kelompok tertentu dan boleh jd merupakan bagian dr bisnis” @Fahrihamzah #MN
53. “Ada org yg pekerjaannya membocorkan data2. Krn mulai dikenal, ia memasang agen2 transaksi” @Fahrihamzah #MN
54. “Kader PKS adalah anak muda yg hidup dgn fitur demokrasi yg lebih lengkap. Mereka berinteraksi dgn cyberspace” @Fahrihamzah #MN
55. “Begitu diberitahu utk engage di socmed,semua membuat akun. Gelombang ini sangat membantu” @Fahrihamzah #MN
56. “Semua kader saling konsolidasi, saling follow dan retweet.” @Fahrihamzah #MN
57. “Salah kalau aparat tdk mengerti teknologi, bodoh banget dia. Seharusnya mengerti meski tanpa diinstruksikan presiden” @KRMTRoySuryo #MN
58. “Kita tidak boleh kelihatan terprovokasi, justru tugas kita memprovokasi” @Fahrihamzah #MN
59. “Ada spin doctor yang mengaku direktur komunikasi tp ternyata dia hanya sengaja menciptakan isu2 tertentu” @KRMTRoySuryo #MN
60. “Sebagai jasa, socmed tak bisa berdiri sendiri. Semuanya saling berintegrasi, industrinya saling mengikat.” @Fahrihamzah #MN
61. “Menghadapi 2014, kita natural saja. Kalau Anda ada ide yg dpt ditangkap secara baik oleh masyarakat, publik akan membeli.” @Fahrihamzah #MN