Rangkuman SMS dari Bidang Kaderisasi DPW PKS DIY #7


03 September 2011
(silaturahim)
Silaturahim adalah kata majmu yang terdiri dari dua kata, yaitu silah dan rahim . silah adalah masdar (bentuk asli ) dar washola yang artinya menghimpun sesuatu pada sesuatu yang lain, ketika terkait dengannya.
04 September 2011
(Silaturahim)
An-Nawawi berkata : silaturahim adalah berbuat baik kepada kerabat selaras dengan keadaan yang melakukan dan yang menjadi obyek. Terkadang dengan menggunakan harta, terkadang dengan pelayanan,terkadang dengan kunjungan, terkadang dengan member salam dan lain sebagianya(syarah muslim An-nawawi ,3 :201)
05 September 2011
Imam An-Nawawi : Para ulama berbeda pendapat mengenai batas kerabat yang wajib disambung. Sebagian berpendapat bahwa yang wajib disambung adalah kerabat yang haram dinikahi,dimana jika salah seorang diantara mereka perempuan dan yang lain laki-laki, maka keduanya tidak diperbolehkan menikah. Sebagian berpendapat bahwa yang wajib disambung adalah kerabat secara umum, yaitu kerabat yang menjadi ahli waris , baik yang haram dinikahi atau lainnya.
06 September 2011
Dari Abdullah bin mas’ud  berkata : “saya mendatangi nabi SAW’ ada sekitar 40 laki-laki. Beliau bersabda : sesungguhnya ia dibukakan untuk kamu dan kamu dimenangkan dalam serta diuji.Barang siapa diantara yang mengalami kondisi demikian hendaknya ia bertaqwa kepada Allah SWT Hendaknya kamu melakukan amar ma’ruf nahi munkar dan silaturahim.Perumpamaan orang yang mengarahkan kaumnya kepada sesuatu yang tidak benar seperti unta yang jatuh dari tempat yang tinggi seraya melambaikan ekornya (HR Hakim).

Posting Komentar

0 Komentar